Tentang Akumindo

Asosiasi UMKM Indonesia atau di seingkat Akumindo lahir berdasarkan semangat rekan-rekan praktisi bisnis umkm, pemerhati dan stakeholder pemerintah republik indonesia yang memiliki concern dalam bidang pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Adapun Visi dan Misi Akumindo adalah :



A. Visi Asosiasi UMKM Indonesia

Visi Asosiasi UMKM Indonesia adalah sebagai berikut.
Menjadikan UMKM sebagai variabel signifikan dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia

Kata-kata kunci yang terkandung dalam visi adalah variabel signifikan dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Hal tersebut berarti bahwa usaha yang dikembangkan oleh pengusaha UMKM tidak hanya menjadi penting untuk kehidupan dari keluarga pengusaha UMKM saja, tetapi juga menjadi kebutuhan bagi seluruh komponen terkait dengan pertumbuhan perekonomian di nusantara dan bagi para pengguna jasa UMKM.

B. Misi Asosiasi UMKM INDONESIA
  1. Melakukan fasilitasi penataan hubungan yang baik antar pengusaha UMKM dan seluruh komponen yang terkait peningkatan kemampuan dan kapasitas pengusaha UMKM di Indonesia pada titik yang memadai untuk menjadikan UMKM sebagai variabel signifikan dalam perekonomian.
  2. Melakukan fasilitasi yang dapat menciptakan proses bisnis UMKM yang efisien dan ekonomis dalam menyediakan layanan prima kepada pengguna jasa UMKMagai variabel signifikan dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia
Misi pertama terkait dengan penataan hubungan kepada pihak luar UMKM sedangkan misi kedua akan terkait dengan penataan kemampuan dan kapasitas UMKM. Tercapainya misi tersebut maka diharapkan akan dapat memberikan dasar-dasar yang baik untuk mencapai visi ;
    • Tata hubungan yang baik (good governance) adalah suatu prinsip hubungan kenegaraan yang mengedepankan prinsip harmonisasi sehingga keberadaan UMKM tidak akan merugikan kepentingan berbagai pihak. Selain itu, tata hubungan yang baik juga mengedepankan prinsip integrasi sehingga berbagai kepentingan yang ada akan dapat diarahkan kepada Visi Nasional.
    • Selanjutnya, dengan adanya tata hubungan yang baik dalam pengelolaan UMKM maka efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian Visi Nasional, khususnya sektor koperasi, industri, dan perdagangan dapat dicapai.
    • Tata hubungan antar pengusaha UMKM merupakan variabel penting yang harus diperhatikan agar dapat tercipta persaingan yang sehat di antara pengusaha UMKM.
    • Tata hubungan antara pengusaha UMKM dan pemerintah merupakan variabel penting yang harus diperhatikan agar tercapainya Visi Nasional.
    • Tata hubungan antara pengusaha UMKM dan masyarakat pengusaha merupakan variabel yang harus diperhatikan agar tercapai iklim usaha yang sehat di Indonesia sehingga dapat mendukung terciptanya daya tawar, daya jual, dan terbukanya akses pasar yang lebih luas.
    • Tata hubungan antara pengusaha UMKM dan masyarakat pengguna jasa pengusaha UMKM merupakan variabel yang harus diperhatikan agar tercapai fasilitas layanan prima yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen pada tingkat yang optimum (bukan maksimum).
    • Kemampuan (ability) dan kapasitas perlu diciptakan tidak hanya untuk para pengusaha UMKM tetapi juga agar transaksi UMKM menjadi transaksi signifikan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar